• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Jasa pengurusan NIB di Jakarta sangat dicari. makanya Bagi para penggiat usaha, pengurusan NIB sangat dibutuhkan untuk mengikuti peraturan pemerintah daerah. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan NIB? NIB merupakan singkatan dari Nomor Induk Berusaha, nomor izin usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Semua orang yang memiliki usaha wajib memiliki nomor induk ini. NIB belum lama diberlakukan di Indonesia, namun adanya NIB membuat para pelaku usaha serta investor memberikan sambutan hangat.

Menurut penjelasan PP No. 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1, NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan sebuah identitas untuk berusaha dan digunakan oleh Pelaku Usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial ataupun Operasional. NIB biasanya terdiri dari 13 angka acak, dilengkapi dengan pengaman, dan tanda tangan elektronik. Jika ingin mendapatkan NIB, kamu hanya perlu mendaftarkan badan usahamu ke dalam sistem Online Single Submission atau yang disingkat dengan OSS, tentunya bisa diakses secara online. Kamu pun hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, NIB akan terbit saat itu juga.

NIB yang kamu miliki akan berlaku selama kamu menjalankan perusahaanmu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, lembaga OSS bisa kapan saja mencabut NIB perusahaan jika usaha yang dijalankan tidak sesuai yang tertulis di NIB atau kegiatan usaha tersebut tidak sah menurut putusan pengadilan. Makanya, NIB ini sangat penting dan akan sangat dicari-cari.

Perbedaan NIB dan TDP

Perbedaan antara NIB dan TDP terlihat pada jangka waktu legalitas yang berlaku di antara keduanya. Nomor Induk Berusaha (NIB) akan berlaku selama mereka yang melakukan usaha sedang menjalankan usaha atau kegiatan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) biasanya berlaku dalam beberapa jangka waktu, seperti 5 tahun terhitung dari tanggal diterbitkannya TDP tersebut dan wajib segera diperbarui paling lambat 3 bulan sebelum habis masa berlakunya. Perbedaan lainnya adalah NIB dan TDP itu diterbitkan oleh instansi yang berbeda. Kalau NIB diterbitkan oleh lembaga OSS, sedangkan TDP diterbitkan oleh instansi berwenang lewat JakEvo dan dapat diterbitkan bersamaan dengan SIUP.

Dokumen yang dijadikan syarat terbitnya kedua legalitas itu pun berbeda. TDP diketahui memerlukan banyak dokumen untuk syarat pendiriannya seperti Akta Pendirian, Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), NPWP Perusahaan,SK Kemenkumham, serta Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). NIB pun tidak terlalu memerlukan banyak dokumen sebagai syarat pendiriannya. Dokumen yang dibutuhkan seperti Akta Pendirian, NPWP Perusahaan, dan SK Kemenkumham.

Perbedaann NIB dan TDP selanjutnya terlihat dari bentuknya. TDP tercetak pada blanko berwarna dengan terdapat rincian Nomor TDP, masa berlaku, serta identitas perusahaan seperti nama, alamat, nomor telepon kantor, status kantor, dan kegiatan usaha yang paling utama dari perusahaan tersebut. NIB berisi rincian identitas perusahaan seperti nama, alamat, nomor NPWP, nomor telepon dan fax, email serta status penanaman modal. NIB sebenarnya berbentuk 13 (tiga belas) digit angka acak yang sudah diberikan pengaman dan terdapat pula Tanda Tangan Elektronik pemiliknya.

Kemudahan serta keunggulan yang diberikan oleh NIB, tertulis di lembarannya. Dituliskan bahwa NIB merupakan bukti pendaftaran penanaman modal/pendaftaran usaha yang juga menjadi pengesahan TDP. Pengusaha yang telah mendapatkan NIB akan secara otomatis terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan. Keuntungan lainnya, jika perusahaanmu bergerak di bidang ekspor dan impor maka NIB akan berfungsi sebagai API serta hak akses kepabeanan. Untuk mengurus NIB, sepertinya kamu perlu mencari jasa pengurusan NIB yang cukup terpercaya agar semua prosesnya menjadi lebih lancar.

Manfaat memiliki NIB

Saat kamu mengurus pembuatan NIB, kamu akan memiliki banyak manfaat ketika kamu telah memiliki NIB. Manfaat yang akan kamu rasakan adalah sebagai berikut.

  1. Ketika kamu sudah memiliki NIB, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua surat itu tidak terlalu diperlukan lagi karena sudah digantikan oleh NIB.
  2. NIB juga berlaku sebagai Angka Pengenal Impor (API) dan sebaga akses kepabeanan yang akan dibutuhkan pengusaha untuk kegiatan ekspor impor.
  3. Saat kamu sedang melakukan pendaftaran NIB, kamu akan mendapatkan dokumen lainnya seperti NPWP perusahaan atau perorangan, surat pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), surat izin usaha, pemberitahuan kelayakan modal untuk mendapatkan fasilitas fiskal, serta bukti pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Nah, tentunya NIB ini akan menjamin usahamu lebih aman dan legal.

Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Jasa Pengurusan NIB di Jakarta serta hal yang perlu diperhatikan

Kalau kamu sibuk dan masih merasa kesulitan mengurus NIB, kamu bisa menggunakan jasa puntuk mengurus NIB agar kamu segera memiliki NIB. Namun, ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan saat mengurus Izin Usahamu lewat OSS atau melalui Jasa inilah, salah satunya adalah prasarana yang perusahaanmu akan gunakan saat kegiatan usahamu berlangsung.

Dalam kolom bangunan usaha, para pelaku usaha yang tidak membangun prasarana, bisa mengisi kolom tersebut dengan status bangunan “sewa” atau “tidak sewa”. Bagi pengusaha ini, kamu harus membutuhkan izin lainnya seperti izin usaha, izin komersial, izin lokasi, dan izin lingkungan. Nah, jika kamu pengusaha yang akan membangun gedung, kamu juga harus memiliki izin satu lagi, yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Baca Juga: Serviced Office Jakarta Selatan

Cara Mudah untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB)

Mungkin kamu merasa bahwa membuat NIB ini akan sulit, tapi kalau kamu mengetahui cara mudahnya, kamu tidak akan kesulitan. Jika kamu seoang pelaku usaha dan membutuhkan NIB, kamu dapat segera mendaftarkan perusahaanmu dalam pembuatan NIB dan dapatkan keuntungannya. Caranya tidak sulit kok, cukup ikuti aturan di bawah ini!

  • Pengurusan Pendirian Badan Usaha

Bagi kamu yang ingin melakukan usaha, hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu adalah membuat pengurusan pendirian badan usaha yang diinginkan. Apakah kamu ingin mendirikan CV (Comanditaire Venootschap), PT (Perseroan Terbatas), Firma, atau jenis badan usaha yang lain serta membuat Akta Pendirian Perusahaan.

  • Menggunakan sistem Online Single Submission (OSS)

Sistem perizinian usaha yang saat ini kamu urus, nantinya akan menggunakan sistem online yang biasanya akan disebut dengan Online Single Submission (OSS). Dengan menggunakan sistem OSS, investor maupun individu, pihak koperasi, firma, ataupun perseroan dapat mengurus perizinan hanya lewat satu portal. Sistem pun akan memberikan NIB dan permohonan komitmen kepada inventor agar segera menyelesaikan perizinan selanjutnya. Sistem OSS ini juga akan memberikan notifikasi mengenai intensif yang akan didapatkan pengusaha setelah mendaftarkan usahanya. Kamu juga bisa langsung mengurus intensif lewat sistem OSS.

  • Daftar di Sistem Online Single Submission (OSS)

Pertama, kamu bisa akses website oss.go.id. Kalau belum pernah mendaftar, klik tombol “Daftar”. Jika kamu sudah pernah mendaftarkan diri, kamu hanya perlu login masuk ke sistem. Lakukan isian data jika akta yang ingi kamu buat belum tersedia dalam sistem OSS. Selanjutnya, kamu perlu memilih akta yang sesuai dan jangan lupa untuk menekan tombol “Proses” untuk mengajukan permohonan berusaha. Kamu juga perlu mengikuti beberapa tahapan validasi data yang telah dimasukkan.

  • Kamu akan mendapatkan notifikasi

Kamu pun akan mendapatkan notifikasi intensif fiskal untuk perusahaan yang kamu daftarkan jika kegiatan usahamu masuk dalam kriteria yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setelah proses validasi selesai, sistem OSS pun akan segera menerbitkan NIB milik perusahaanmu. Mudahkan?

  • Melakukan kegiatan usaha

Setelah proses di atas, perusahaanmu berarti telah mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), Perizinan Dasar, serta Notifikasi Perizinan dan Fasilitas. Kamu pun sudah bisa melakukan kegiatan usaha. Kamu pun memiliki kewajiban untuk memenuhi semua komitmen yang tercantum dalam Notifikasi Perizinan dan Fasilitas yang kamu terima. Bila ada kecurangan di kemudian hari atau ada kepalsuan data serta penyalahgunaan yang tidak sesuai, maka NIB milik investor ataupun pengusaha akan dicabut oleh pemerinta serta harus diselesaikan dengan jalur hukum. Semua pengusaha tentunya akan memiliki NIB dengan fungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), serta Akses Kepabeanan.

Pengurusan NIB lewat peraturan Online Single Submission (OSS)

Semakin berkembangnya dunia teknologi, membuat pemerintah juga ingin mempermudah masyarakat dengan cara menyempurunakan sistem Online Single Submission (OSS). Kemudah akses OSS ini akan membuat masyarakat menjadi cepat dalam membuat Perizinan Berusaha lewat kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB). Bukan hanya untuk mempermudah pekerjaan para pengusaha dan investor lokal, dengan adanya OSS diharapkan dapat memudahkan investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia. Munculnya OSS untuk pembuatan NIB akan mempermudah pengusaha dan investor dalam membuat izin usaha.

Kemunculan NIB dan peraturan OSS dapat menjadi jawaban dan solusi yang paling baik untuk segala keluhan dari Pelaku Usaha untuk mengurus perizinan perusahaan. Melalui Perpres No. 91 Tahun 2017, pemerintah pun meluncurkan sistem kebijakan baru, yaitu sistem OSS untuk mempermudah serta mempercepat para Pelaku Usaha dan investor untuk pelaksanaan usaha mereka.

Melalui laman resmi dari OSS, pengusaha serta pelaku usaha dapat dengan mudah mendapatkan NIB hanya dengan mendaftar dan mengisi data yang dibutuhkan. Beda dengan mengurus surat perizinan lainnya, telah disebutkan di atas bahwa berkas yang diperlukan untuk mendapatkan NIB pun tidak banyak dan akan lebih mudah jika dilakukan secara online.

Dengan adanya Nomor Induk Berusaha (NIB), setiap investor ataupun pelaku usaha akan mudah dalam menajalankan proses usahanya. Kalau kamu merasa kesulitan untuk membuat NIB atau butuh bantuan orang yang ahli dalam bidang ini, kamu bisa menghubungi Gapura Office sebagai pembantu untuk mengurus NIB di Jakarta yang bisa kamu pilih. Dengan memiliki banyak tenaga profesional serta paham hukum, proses pengurusan surat serta perizinan untuk perusahaanmu akan lebih mudah. Ternasuk juga untuk pembuatan CV serta PT. Jangan khawatir! Harga yang ditawarkan oleh Gapura Office tentunya sangat terjangkau dan terpercaya sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk turun tangan mengerjakannya. Cukup pilih paket dan kamu akan mendapatkan pelayanan yang luar biasa baik.

Baca Juga: sewa kantor virtual office jakarta timur