• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Shared Office

Shared Office

Shared Office

Bermunculannya startup di dunia bisnis di Indonesia membuat shared office menjadi pilihan yang tepat untuk tempat berkantor. Banyak yang belum paham apa itu shared office, bagimana keuntungannya ketika menyewa ini, dan apa pertimbangan sebelum menyewanya. Shared office merupakan sebuah ruangan kantor yang dapat disewakan untuk para perusahaan kecil atau perusahaan baru dengan menyediakan fasilitas kantor yang dapat digunakan bersama oleh para penyewa lainnya. Shared office biasanya terdiri dari beberapa perusahaan yang belum memiliki terlalu banyak dana untuk menyewa kantor sendiri.

Pertimbangan sebelum memilih Shared Office

Awalnya kamu berencana untuk mendirikan perusahaan kecil untuk bisnis kecil-kecilanmu, namun tak disangka usaha tersebut berkembang dengan cepat dan menjadi lebih besar. Kamu pun harus menyewa sebuah ruang kantor baru yang dapat memudahkanmu dan beberapa karyawanmu untuk bekerja. Pilihan tersebut bisa saja jatuh pada kantor shared yang memberikan kemudahan dan murah dalam biayanya. Sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa pertimbangan sebelum menyewa sebuah office shared untuk perusahaanmu.

  • Pertimbangan utama adalah kebutuhan bisnismu

Sebagai perusahaan yang masih merintis, kamu harus mengetahui apa kebutuhan bisnis yang perusahaanmu butuhkan, lalu sesuaikanlah kebutuhkan tersebut dengan kantor yang akan kamu sewa. Cara menyesuaikannya pun dapat dilihat dari berapa banyak karyawan yang kamu miliki, seberapa lama kamu bekerja, dan fasilitas apa yang perusahaanmu butuhkan. Jangan sampai kamu salah pilih dengan menywa kantor hanya karena iklan yang menggiurkan. Jangan mencari kantor dengan fasilitas terlalu lengkap jika memang perusahaanmu belum membutuhkannya. Atau misalkan kamu menyewa kantor yang menawarkan meeting room tapi ternyata kamu tidak perlu menggunakannya, hal itu malah menghabiskan pengeluaranmu.

  • Buatlah anggaran dana yang teliti untuk sewa kantor

Kamu harus menyadari bahwa untuk menyewa sebuah kantor itu tidak hanya membayar sewa sebuah ruangan tapi juga ada biaya operasional lain seperti biaya sewa fasilitas, sewa listrik, dan juga sewa gedung. Kamu harus menyusun anggaran dana dengan lebih teliti agar tidak mengalami overbudget. Carilah tempat sewa kantor dengan harga yang terjangkau atau setidaknya sesuai dengan anggaran perusahaanmu.

  • Lakukan survei sebelum memilih kantor

Sebelum kamu memilih kantor yang tepat, kamu harus melakukan survei yang mendalam dari tempat tersebut. Pastikan kamu sudah benar-benar yakin bahwa kantor ini akan membuat para karyawanmu nyaman dan bekerja dengan giat. Pikirkan pula bagaimana akses kendaraan untuk menuju kantormu. Kamu pun harus bertanya-tanya atau mencari referensi dari teman-temanmu tentang pengalaman menyewa kantor. Cari tahu kelebihan serta kekurangan tempat yang akan kamu sewa itu.

  • Pemilihan lokasi yang strategis

Kamu pun perlu mempertimbangkan faktor strategisnya sebuah tempat untuk dijadikan kantormu. Tentunya hal ini akan menambahkan rasa loyalitas karyawanmu terhadap kantor dan juga sebagai bentuk profesional ketika ada klien yang ingin mengetahui lokasi tersebut. Kalau di daerah Jakarta, yang menjadi pusat daerah perkantoran yang strategis adalah Jakarta Selatan karena Jakarta Selatan merupakan daerah yang sangat mudah dijangkau dengan transportasi apapun. Angkutan umum di daerah Jakarta Selatan pun sangat banyak, mulai dari angkot, metromini, kopaja, mikrolet, Transjakarta, Commuterline, MRT, dan juga LRT. Jadi bukan alasan untuk tidak mempertimbangkan daerah Jakarta Selatan sebagai kantormu.

BACA JUGA: Shared Office di Jakarta Selatan

Keuntungan memilih Shared Office sebagai solusi perkantoran

Shared office biasanya lebih ekonomis daripada ruang kantor yang besar. Karena menyewa ruangan kantor yang tidak terlalu luas, makanya biaya sewanya pun lebih murah daripada kantor konvensional. Shared office biasanya dikelola oleh para pemilik gedung. Pihak pengelola gedung pun membagi ruangan mana saja yang dapat dijadikan ruangan kantor dan dapat disewakan pada perusahaan lain dalam tahap pemula. Nah, shared office pun memberikan keuntungan bagi para penyewanya. Berikut 4 keuntungan yang akan kamu rasakan jika kamu menyewa shared office sebagai kantormu.

  1. Shared office memiliki fasilitas yang sama seperti kantor perusahaan pada umumnya

Ketika kamu memutuskan untuk memilih kantor shared sebagai tempatmu bekerja, kamu harus tahu bahwa fasilitas yang ditawarkan oleh kantor jenis ini sangat lengkap sama seperti kantor konvensional. Bagi perusahaan yang menyewa di sebuah kantor shared, akan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti kantin, dapur, atau pun aula yang dapat dijadikan ruang konferensi. Untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut pun kamu perlu berkoordinasi dengan pihak pengelola gedung. Intinya, walau kamu hanya menyewa satu ruangan kecil dari gedung tersebut, kamu akan tetap dapat fasilitas kantor yang cukup memadai.

  1. Harga sewa dari office shared biasanya lebih terjangkau dari kantor konvensional lainnya

Biasanya, di kota-kota besar seperti Jakarta, biaya yang ditawarkan untuk sebuah office space sangat mahal, apalagi jika kantor-kantor tersebut di lokasi yang strategis. Bahkan, ada pula kantor yang memiliki biaya sewa mencapai Rp70 juta sebulan. Kalau kamu adalah pengusaha baru, tentunya ini bukan menjadi pilihanmu. Kamu harus mencari harga sewa kantor yang sesuai dengan anggaran perusahaan barumu. Oleh karena itu, shared office bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu yang baru merintis usaha. Kamu bisa memilih office space yang sesuai dengan kebutuhkan perusahaanmu. Dengan begitu pun kamu akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Tak perlu lagi kamu membuang uangmu untuk memiliki kantor dengan fasilitas lengkap dan mewah karena office shared bisa menjadi solusi.

  1. Akan mendapatkan dukungan profesional ketika menyewa shared office

Bagi kamu pengusaha yang sedang merintis sebuah bisnis, tentunya office shared ini menyediakan tenaga profesional yang siap sedia membantumu. Jika kamu mengalami sesuatu yang salah dalam fasilitas kantor yang disediakan, kamu tak perlu repot-repot untuk mencari pihak yang dapat memperbaikinya. Pemilik gedung pun akan menyediakan beberapa tenaga profesional yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya bantuan dari profesional ini, kendalamu dalam berbisnis dapat diminimalisasi. Kinerja karyawanmu pun akan lebih efektif. Beda cerita ketika kamu harus menyewa kantor sendiri. Ketika ada suatu masalah yang terjadi dalam gedung perkantoranmu, kamu pun harus menyelesaikannya. Kalau kamu tidak memiliki kenalan di bidang teknisi, kamu pasti akan sangat sulit mengatasi masalah-masalah kecil ini dan tentunya ini akan menghambat pekerjaan para karyawanmu.

  1. Biaya operasional shared office biasanya lebih terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa saat kamu menyewa sebuha office shared, kamu pun sudah tidak perlu membayar biaya listrik, jaringan internet, dan juga air. Hal ini karena biaya sewa yang ditawarkan sudah termasuk dengan biaya operasional tersebut. Dengan begitu, kamu pun secara tidak langsung sudah menghemat biaya operasional bulanan perusahaanmu. Biaya-biaya tersebut bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya. Kamu dapat memaksimalkan pemasaran atau pengenalan perusahaanmu. Hal ini pun akan berdampak pada pengembangan perusahaan yang lebih maksimal.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika kamu ingin menyewa sebuah shared office sebagai tempat perusahaanmu bekerja. Ayo mulai dipertimbangkan agar tidak ada kesalahan dalam pemilihannya ya!