• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • jasa sewa virtual office
Virtual Office

Sewa Coworking Space Jakarta

Sewa Coworking Space Jakarta

Sewa Coworking Space Jakarta

Coworking Space menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang bekerja remote atau freelance sehingga sewa coworking space Jakarta dicari-cari. Coworking space sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruangan untuk kerja bersama-sama antar individu maupun perusahaan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Coworking space juga diciptakan untuk mempermudah para startup untuk memulai bisnis mereka dengan sewa kantor yang lebih murah dan menekan biaya.

Konsep coworking space di Indonesia dimulai sejak tahun 2010 oleh seorang bernama Yohan Totting yang mendirikan sebuah coworking space Hackerspace Bandung. Ide yang didapatkan Yohan ketika mendirikan Hackerspace Bandung, muncul ketika dirinya berkunjung ke Hackerspace Singapura, salah satu coworking space yang sudah terkenal di Singapura. Dari situlah, banyak sekali tempat di Jakarta yang menyediakan sewa coworking space Jakarta.

Asal Muasal Coworking Space

Ide awal membuat coworking space ternyata udah ada sejak tahun 1995. Pada tahun tersebut, di Jerman telah didirikan tempat yang diberinama C-Base Station, yang merupakan pusat pembelajaran komputer. C-Base sendiri merupakan sebuah organisasi yang tidak mencari keuntungan dan dibuat untuk meningkatkan kemampuan penggunaan komputer semua masyarakat di Jerman.

Ide dari C-Base Station akhirnya dikembangkan oleh seseorang bernama Bernard “Brian” DeKoven. Dia mengatakan bahwa terlintas dalam pikirannya membuat konsep kantor yang berisi banyak orang di dalamnya tanpa adanya bos di sana. Dari gagasan milik Bernard itulah akhirnya muncul istilah coworking space. Hal yang membedakan coworking space dengan kantor konvensional adalah adanya bantuan teknologi.

Kemudian, sebuah tempat bernama Schraubenfabrik dijuluki sebagai mother of coworking karena Schraubenfabrik yang berdiri di Jerman ini menjadi coworking space pertama di dunia. Schraubenfabrik didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll tahun 2002 di Wina, Austria. Awal mulanya, Schraubenfabrik didirikan untuk menjadi pusat entrepreneurship bagi para perusahaan startup. Setelah itu, bukan hanya untuk tempat bekerja para perusahaan startup, tapi juga menjadi tempat bekerja untuk bermacam-macam perusahaan, termasuk para pekerja freelancer.

Baca Juga: Sewa Kantor Virtual Office Jakarta Timur

Coworking Space di Indonesia

Sewa coworking space di Jakarta belum lama diperkenalkan karena munculnya coworking di Indonesia awal mulanya oleh anak-anak muda Bandung. Pendirinya adalah Yohan Totting yang mendirikan Hackerspace Bandung pada November 2010. Ia mendirikan Hackerspace Bandung karena kegelisahannya sebagai freelancer yang tidak memiliki kantor tetap untuk bekerja. Ia mulai merasa bosan pada tahun 2009 karena harus berpindah kerja terus, kadang di rumah, kadang ke kafe, atau kadang di warung kopi.

Yohan pun mendapat undangan dari Seedcamp untuk ke Singapura. Di sana, ia mengunjungi tempat bernama Hackerspace Singapura yang merupakan sebuah coworking sukses di Singapura. Ia pun sangat kagum dengan coworking space tersebut. Setelah kembali dari Singapura, ia pun langsung mengajak beberapa temannya untuk mendirikan coworking space.

Namun, sayangnya coworking space ini tidak sukses seperti yang di Singapura. Salah satu coworking space di Indonesia yang berhasil ada di Bali, yaitu Hubud (Hub in Ubud). Hubud didirikan oleh tiga orang, yaitu Peter Wall, John Alderson, dan Steve Munroe. Coworking space inilah yang menjadi rujukan bag para coworking yang menyediakan layanan sewa coworking space Jakarta maupun luar kota lainnya.

Cara Coworking Space Meningkatkan Produktivitas

Bekerja di rumah atau bekerja remote memang ada untungnya. Kamu tidak perlu repot-repot bermacet-macetan di jalan setiap pagi untuk menuju kantormu. Fleksibilitas akan kamu temui di dalamnya, namun bukan berarti bekerja di rumah tidak banyak gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa hewan peliharaanmu yang berada di sekitar ruangan kerjamu, membersihkan rumah yang sebenarnya bisa dilakukan nanti kalau sudah kelar kerjaanmu. Namun, hal tersebut tidak akan kamu rasakan jika kamu bekerja di coworking space. Ruangan kerja yang kolaboratif akan memberikan energi semangat kerja dan mendorong siapa pun yang di dalamnya untuk meningkatkan produktivitasnya. Untuk lebih jelasnya, ini 3 cara bagaimana coworking space membantu peningkatan produktivitas.

  1. Memungkinkan adanya kolaborasi kreatif

Dalam coworking space, biasanya para pekerja bekerja di bidang yang berkaitan dengan perusahaan kreatif dan inovatif lainnya, seperti pekerja lepas, pengusaha di startup, atau pekerja pemula. Hal inilah bisa menjadi inspirasi dan meningkatkan kreativitas pekerja. Dengan adanya kolaborasi dengan pihak lain di lingkungan rekan kerja, para pekerja akan mendapatkan berbagai saran serta pemberdayaan, bertukar pikiran ataupun mengumpulkan perspektif baru. Hal ini pula yang membuat para pekerja di coworking space belajar tanpa henti. Melihat dan mengamati orang lain serta mengatasi hambatan akan dapat meningkatkan dorongan, kreativitas, serta produktivitas secara keseluruhan yang berdampak baik untuk perusahaanmu.

  1. Dapat meningkatkan fokus dan work/life balance

Menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan di rumah adalah satu hal yang selalu diperjuangkan semua orang tanpa henti. Namun, dengan coworking space, dapat memungkinkan para pekerja memisahkan antara kehidupak kerja dengan kehidupan pribadi mereka. Bekerja remote terkadang membuat para pekerja sulit untuk memisahkan kedua fokus tersebut. Adanya teman sesama pekerja di coworking space membuat pekerja untuk bekerja sesuai jadwal kerja yang diberlakukan di  coworking space tersebut. Tentunya hal ini akan membuat pekerjaanmu jauh lebih efisien dan fokus serta memiliki lingkungan kerja yang bebas gangguan. Bukan hanya itu, para pekerja juga akan mendapatkan berbagai macam motivasi karena pekerja yang berada di coworking space akan terpaku pada kesuksesan. Hal ini pula yang dapat meningkatkan produktivitas dan membuat karyawan menjadi berkembang.

  1. Adanya kekuatan networking

Dengan bekerja di coworking space, para pekerja akan dapat bertemu dengan individu dari berbagai latar belakang serta keterampilan. Hal tersebut pula akan sangat berguna jika salah satu pekerja coba untuk menemukan solusi dari masalahnya, tapi karena tidak memiliki keahlian tersebut lah peran pekerja lain di dalam coworking space akan dapat membantu. Dengan saling berhubungan dengan orang-orang di sekitar coworking space, pekerja akan dapat banyak masukan dari berbagai pekerja lain yang mungkin saja membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda. Apa pun pekerjaannya, baik sebagai freelancer, pengusaha, pekerja startup, atau pekerja remote, kamu akan merasakan produktivitas yang berbeda ketika kamu bekerja dalam coworking space. 

Sewa Coworking Space Jakarta
Beberapa tempat sewa coworking space Jakarta yang bisa kamu pilih

Ada beberapa coworking space di Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai tempat bekerjamu. Tentunya, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh coworking space ini sangat lengkap dan membuatmu termudahkan. Berikut beberapa tempat sewa coworking space di Jakarta yang menjadi pilihan.

- CoHive
Salah satu coworking space yang cukup terkenal di daerah Jakarta adalah CoHive. Sebelumnya, coworking space ini bernama EV Hive dan COCOWORK kemudian dilebur menjadi CoHive. CoHive mulai dibuka pada awal Juni 2015. Di sana terdapat dua tipe ruang kerja, private space dan shared space yang pasti CoHive sudah memiliki belasan cabang yang telah tersebar di Jakarta. CoHive pun menjadi salah satu coworking space paling banyak cabang lokasinya di Jakarta.

- Conclave
Bagi kamu yang tinggal di daerah Kebayoran Baru dan membutuhkan coworking space, Conclace bisa menjadi solusi coworking space yang dekat dengan lokasimu. Beda dengan banyak coworking space, Conclave memiliki auditorium yang dapat menampung orang hingga 150 orang. Atmosfer ruangan di Conclave juga sangat mendukung, auditorium ini cocok buat kamu yang mencari tempat untuk event atau pertemuan kantor. Untuk biaya sewa yang ditawarkan, kamu bisa menjadi anggota untuk harga paket yang lebih terjangkau. Dengan memilih paket tersebut, kamu sudah bisa mengakses fasilitas tanpa jadi anggota, seperti bisa bekerja di sana selama 24 jam.

- Estubizi
Salah satu coworking space yang berada di daerah Kebayoran Baru lainnya adalah Estubizi. Bukan hanya sebagai coworking space, tapi Estubizi juga menawarkan jasa virtual office serta serviced office dengan ruangan yang besar dan cocok untuk berbagai keperluan event.

- Greenhouse
Jika kamu ingin coworking space yang memiliki suasana berbeda dengan coworking space lainnya, kamu bisa menjadikan Greenhouse sebagai pilihan. Greenhouse terletak di gedung Multivision Tower dan menggunakan konsep Penthouse jadi bisa kamu bayangkan mengapa Greenhouse akan memberikan suasana yang berbeda. Di Greenhouse, selain bekerja kamu dapat menikmati pemandangan yang indah dari kota Jakarta lewat atas gedung pencakar langit. Walaupun memberikan pengalaman yang berbeda dari coworking space lainnya, harga yang ditawarkan Greenhouse tidak semahal itu. Kamu juga bisa menggunakan paket yang tersedia, seperti Hot Desk dan Private Office.

- Impact Hub Jakarta
Sebelum bernama Impact Hub Jakarta, coworking space ini memiliki nama CoWorkInc. Seperti coworking space lainnya di Jakarta, Impact Hub Jakarta juga menyediakan berbagai ruangan yang beragam yang bisa kamu pilih, seperti ruang kerja, ruang rapat, hingga ruangan yang dapat diisi sebanyak 40 orang untuk sebuah event. Coworking space yang berada di daerah Mampang Prapatan ini pun menyediakan banyak pilihan paket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Di antaranya adalah paket dua jam, paket harian, ataupun paket bulanan. Kamu pun bisa menyewa paket yang sesuai dengan kebutuhanmu serta sesuai dengan budget yang dimiliki oleh perusahaanmu yang baru memulai bisnis di startup ini.

Sewa Coworking Space Jakarta, bisa di Gapura Office!

Banyaknya perusahaan startup yang harus menekan budget perusahaan mereka pun akhirnya memilih untuk sewa coworking space Jakarta sebagai kantor mereka. Coworking space ini pun menjadi incaran para pekerja freelance serta para perusahaan startup untuk bekerja dalam ruangan secara bersama-sama. Salah satu perusahaan layanan sewa coworking space Jakarta adalah Gapura Office. Kantornya juga tersebar di Jakarta dan Tangerang. Harga yang ditawarkan juga bersaing dengan coworking space lainnya dan tentu saja sangat terjangkau bagi para perusahaan startup yang baru merintis usahanya.

Gapura Office memberikan layanan sewa coworking space Jakarta dan Tangerang dengan harga yang terjangkau. Kamu sudah bisa mulai bekerja di coworking ini dengan harga Rp 1 juta per bulan dengan fasilitas 1 meja private! Tentunya, kamu juga bebas berkantor di sini tiap hari. Jadi, yuk coba layanan sewa coworking space dari Gapura Office ini!

Baca Juga: jasa pengurusan NIB di jakarta

Sewa Coworking Space Jakarta