• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Pembuatan PT

Pembuatan PT

Pembuatan PTPembuatan PT sepertinya bukan sesuatu yang asing bagi kamu yang saat ini baru ingin memulai berbisnis dalam sebuah usaha startup. Saat ini, sangat banyak sekali perusahaan startup tak terkecuali di Indonesia. Berkembangnya dunia usaha startup ini mampu meningkatkan perekonomian Indonesia. Namun, biasanya para pelaku usaha startup ini belum memiliki modal yang cukup banyak sehingga jasa-jasa sewa kantor seperti coworking space dan shared office menjadi pilihan. Tentunya, sebelum menyewa sebuah tempat usaha, para pelaku usaha harus meresmikan perusahaan mereka dengan membuat sebuah PT.

Pengertian PT

PT merupakan akronim dari Perseroan Terbatas. PT merupakan bentuk badan usaha yang sudah berbadan hukum serta modal yang ada di dalamnya terdiri dari saham-saham, serta pemilik sahamnya memiliki tanggung jawab sesuai dengan bagian saham yang mereka miliki. Saham-saham dalam PT ini dapat diperjualbelikan sehingga kepemilikan perusahaan dapat berubah tanpa harus membubarkan perusahaan. Perseroan Terbatas juga bisa dikatakan sebagai badan usaha yang mana pemilik persekutuan modal dalam bentuk saham memiliki tanggung jawab mengatur saham sesuai dengan saham yang dimilikinya.  

Baca Juga: Serviced Office Jakarta Selatan

Ciri-ciri dari Perseroan Terbatas

Sebelum pergi ke proses pembuatan PT, kamu perlu mengetahui nih ciri-ciri badan usaha yang dapat dikatakan sebagai Perseroan Terbatas. Hal ini bisa terlihat dari karakteristik perusahaan tersebut.  Lewat pengertian yang telah dijelaskan di atas, ciri-ciri dari sebuah Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut:

  • Pendirian sebuah PT biasanya memang bertujuan untuk mencari keuntungan (profit oriented) bagi para pemilik modal.
  • Di dalam PT, terdapat dua fungsi, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi komersial.
  • Modal-modal yang terdapat dalam sebuah Perseroan Terbatas berasal dari saham-saham dan obligasi perusahaan.
  • Perseroan Terbatas biasanya tidak akan mendapatkan fasilitas dari negara.
  • Kekuasaan tertinggi dalam sebuah Perseroan Terbatas dapat diputuskan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  • Tanggung jawab yang dimiliki oleh para pemilik saham akan sama besar dengan modal yang ia setorkan selama PT berdiri.
  • Keuntungan yang didapatkan oleh para pemilik saham dalam sebuah PT berbentuk dividen atau pembagian hasil.
  • Perseroan Terbatas atau PT akan dipimpin oleh seorang direksi.
Persyaratan Pembuatan PT perusahaanmu

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin melakukan pembuatan PT untuk perusahaanmu. Persyaratan yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut; Kamu perlu menyiapkan sebuah fotokopi KTP; fotokopi NPWP dan KK para pemegang saham dan pengurus; memberikan foto direktur ukuran 3x4; membawa fotokopi Surat Kontrak/Sewa Kantor ataupun bukti kepemilikan usaha; membawa fotokopi PBB tahun paling akhir sesuai domisili perusahaan terdaftar; membawa Surat keterangan dari RT/RW; Surat Keterangan Domisili dari pengelola gedung jika sudah memiliki domisili di gedung perkantoran; Kantor diwajibkan berada di wilayah perkantoran, plaza, atau ruko dan tidak berada di wilayah pemukiman warga; membawa Surat Keterangan Zonasi dari Kelurahan; Memiliki stempel perusahaan sebagai bukti perusahaan; Pendiri (Direktur dan komisaris) minimal harus terdiri dari dua orang atau lebih; harus memiliki nama perusahaan; melampirkan susunan pemegang saham (pendiri wajib mengambil bagian dalam saham); Akta pendirian yang dilampirkan harus disahkan dalam Kementerian Hukum dan HAM; Harus menetapkan nilai modal dasar; Pengurus PT terdiri setidaknya satu orang direktur dan satu orang komisaris; Para pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan harus berdasarkan hukum yang berlaku Indonesia; diharuskan memilih seorang notaris; dan wajib memiliki akta notaris yang berbahasa Indonesia.

Itulah beberapa ciri dari sebuah PT dan persyaratan yang diperlukan untuk pembuatan PT, harus disiapkan dengan baik ya!