• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

Bagi kamu yang ingin memulai berbisnis dalam usaha startup, tentu pembuatan PT dan virtual office perlu kamu ketahui. Saat ini, di Indonesia tren membuat perusahaan startup sangat digandrungi anak muda dan tentunya para startup ini belum terlalu  memiliki banyak dana. Mereka pun mencari cara untuk menekan biaya pengeluaran perusahaan kecil mereka dengan memanfaatkan jasa virtual office. Tentunya, semakin berkembangnya perusahaan startup tersebut, kebutuhan pembuatan PT pun sangat diperlukan.

PT merupakan singkatan dari Perseroan Terbatas. PT adalah sebuah bentuk badan usaha yang berbadan hukum dan modal yang ada di dalamnya terdiri dari saham-saham, serta pemiliknya juga memiliki bagian saham sebanyak yang dimilikinya. Saham-saham dalam PT dapat diperjualbelikan sehingga terkadang kepemilikan perusahaan bisa berubah tapi tidak akan perlu membubarkan perusahaan. Perseroan Terbatas juga dapat dikatakan sebagai badan usaha yang memiliki persekutuan modal dalam bentuk saham dan memiliki kemampuan untuk mengatur saham  dan para pemilik modalnya memiliki tanggung jawab sebesar saham yang dimilikinya.

Ciri-ciri dari Perseroan Terbatas

Ciri-ciri badan usaha yang termasuk PT dapat terlihat dari karakteristik perusahaan tersebut. Dari pengertian yang sudah dijelaskan di atas, ciri-ciri dari Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut:

  • Pendirian dari sebuah PT memang bertujuan untuk mencari keuntungan (profit oriented).
  • Di dalam PT ada fungsi ekonomi dan fungsi komersial.
  • Modal-modal yang terdapat dalam PT berasal dari saham-saham dan obligasi.
  • Perseroan Terbatas biasanya tidak mendapatkan fasilitas dari negara.
  • Kekuasaan tertinggi dalam PT dapat ditentukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  • Tanggung jawab yang dimiliki oleh pemilik saham sama besarnya dengan modal yang ia setorkan.
  • Keuntungan yang akan didapatkan pemilik saham adalah berbentuk dividen atau pembagian hasil.
  • Perseroan Terbatas dipimpin oleh seorang direksi.

Baca Juga: Sewa Coworking Space Jakarta

Jenis-jenis Perseroan Terbatas

Ada tiga jenis Perseroan Terbatas yang memiliki ciri khas masing-masing. Di bawah ini ada 3 jenis PT seperti PT Terbuka, PT Tertutup, dan PT Kosong.

  1. PT Terbuka

Perseroan Terbuka atau yang lebih dikenal dengan PT go-public. Disebut demikian karena penanaman modalnya terbuka untuk masyarakat luas. PT terbuka biasanya akan menjual sahamnya untuk masyarakat lain lewat pasar modal. Contoh dari PT Terbuka di antaranya, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, dll.

  1. PT Tertutup

Perseroan Tertutup adalah jenis PT yang tidak akan memperjualbelikan saham-sahamnya untuk masyarakat luas. Modal yang didapat dari PT Tertutup berasal dari kalangan tertentu saja, seperti sahamnya berasal dari kerabat dan keluarga saja. Contoh PT Tertutup adalah Salim Group, Bakrie Group, Sinar Mas Group, Lippo Group, dll.

  1. PT Kosong

Perseroan Terbatas Kosong merupakan jenis PT yang sudah memiliki izin usaha dan izin lainnya, namun belum ada kegiatan perusahaan yang dilakukan dari PT tersebut. Contoh dari PT Kosong adalah PT Sarana Rekatama Dinamika, PT Asian Biscuit, PT Adam Air, PT Semen Kupang, PT Banyu Air, dll.

Kelebihan Perseroan Terbatas

Semua hal yang ada di dunia ini pasti memiliki kelebihan, termasuk juga badan usaha yang akan kamu dirikan. Beberapa kelebihan dari mendirikan sebuah Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut.

  • PT atau Perseroan Terbatas merupakan badan hukum yang pastinya kelangsungan hidup dari PT sendiri akan terjamin walaupun terjadi penggantian pemilik.
  • Pemilik saham hanya perlu bertanggung jawab sebesar modal yang ia tanamkan dalam perusahaan. Tak perlu repot-repot bertanggung jawab pada modal milik orang lain.
  • Pemindahan saham dari pemilik saham satu kepada pemegang saham yang lain dapat dilakukan dengan mudah, tanpa perlu drama.
  • PT atau Perseoran Terbatas akan mudah mendapatkan modal tambahan sehingga dapat memperluas usahanya dengan sangat mudah.
  • Penggunaan modal Perseroan Terbatas akan lebih efektif dan efisien karena sumber-sumber modal dikelola oleh para spesialis.

Kekurangan Perseroan Terbatas

Selain ada kelebihan, dalam segalah hal juga ada kekurangan, termasuk dalam pendirian sebuah PT. Beberapa kekurangan ini bisa menjadi bahan evaluasi yang kamu perbaiki nantinya.

  • Biasanya untuk mendirikan sebuah Perseroan Terbatas, kamu membutuhkan biaya yang cukup besar. Makanya, kamu perlu modal yang sangat besar untuk mendirikan sebuah PT.
  • Proses pendiriann PT biasanya lebih sulit daripada mendirikan jenis badan usaha lainnya.
  • Ada beberapa pemegang saham yang sering merasa atau menganggap perusahan Perseroan Terbatas suka merahasiakan keuntungan yang didapatkan olehnya.
  • PT atau Perseroan Terbatas biasanya akann dikenakan pajak karena salah satu subjek dari pajak.
Persyaratan Pembuatan PT dan Virtual Office

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin melakukan pembuatan PT dan virtual office. Persyaratan yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut: Kamu perlu menyiapkan fotokopi KTP; NPWP dan KK para pemegang saham dan pengurus; foto direktur ukuran 3x4; fotokopi PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan terdaftar; fotokopi Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan usaha; Surat Keterangan Domisili dari pengelola gedung jika memiliki domisili di gedung perkantoran; Surat keterangan dari RT/RW; Kantor harus berada di wilayah perkantoran, plaza, atau ruko dan tidak di wilayah pemukiman; Surat Keterangan Zonasi dari Kelurahan; Memiliki stempel perusahaan; Pendiri (Direktur dan komisaris) minimal terdiri dari dua orang atau lebih; memiliki nama perusahaan; susunan pemegang saham (pendiri wajib mengambil bagian dalam saham); Akta pendirian harus disahkan dalam Kementerian Hukum dan HAM; Menetapkan nilai modal dasar; Pengurus terdiri setidaknya satu orang direktur dan satu orang komisaris; Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan harus berdasarkan hukum Indonesia; memilih seorang notaris; dan memiliki akta notaris yang berbahasa Indonesia.

Seperti itulah cara pembuatan PT dan virtual office di Jakarta. Bagi kamu yang memiliki waktu terbatas untuk mengurus pembuatan PT serta virtual office, kamu bisa nih mencari jasa pembuatan PT dan virtual office. Salah satu jasa pembuatan PT yang ada di Jakarta adalah Gapura Office. Gapura Office ini juga melayani jasa pembuatan PT untuk sekitar kota Tangerang.

Selain melayani pembuatan Perseroan Terbatas atau PT, Gapura Office juga menyediakan jasa sewa virtual office, jasa pembuatan CV, jasa sewa coworking space, pembuatan NPWP perusahaan, mengurus SIUP dan TDP, pengurusan akta notaris, menyediakan jasa shared office, dan masih banyak lagi.  Bicara dari segi harga, tentu paket yang ditawarkan oleh Gapura Office sangat terjangkau bagi kamu yang baru saja mendirikan sebuah perusahaan dan belum banyak memiliki modal. Lokasi dari tempat yang ditawarkan untuk pembuatan PT dan virtual office juga berada di lokasi yang strategis serta bergengsi, sehingga memberikan kesan profesional pada klien-klien yang melihat perusahaanmu. Untuk informasi lebih lanjut, bisa segera menghubungi pihak marketing dari Gapura Office.