• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

Pembuatan PT dan Virtual Office

pembuatan PT dan virtual office yang bisa kamu pilih karena semakin maraknya perusahaan-perusahaan startup di Indonesia juga membuat semakin banyak. Dengan didirikannya sebuah virtual office serta PT membuktikan bahwa perusahaan startup tersebut memang benar-benar serius menciptakan perusahaan karena semuanya hampir berlandaskan hukum.

Pengertian Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas atau yang lebih dikenal dengan PT, merupakan sebuah badan hukum yang bisa dikatakan sebagai persekutuan modal, yang didirikan dengan adanya perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi lewat saham dan telah memenuhi persyaratan perundang-undangan pelaksanaannya. Perseroan Terbatas dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan karakteristik yang berbeda, seperti PT Tertutup (PT pada umumnya), PT Terbuka (PT Tbk), PT Penanaman Modal Asing (PT PMA), PT Penanaman Modal Dalam Negeri (PT PMDN), serta PT Persero. Semua jenis PT ini memiliki aturannya masing-masing.

Modal yang digunakan dalam Perseroan Terbatas atau PT bisa disebut dengan saham. Saham dalam sebuah PT biasanya sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) sebuah perusahaan atau dalam PT. Modal tersebut pun bisa digunakan sebagai bukti klaim atas pendapatan perusahaan tersebut, dan pemegang saham dalam sebuah PT diwajibkan untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Proses pembuatan PT beserta virtual office memang perlu kesabaran dan proses panjang, oleh karena itu banyak jasa pembuatan PT  yang bisa kamu pertimbangkan.

Kelebihan serta keuntungan dari mendirikan PT

Ada kelebihan serta keuntungan yang akan kamu rasakan ketika kamu berhasil mendirikan sebuah PT untuk perusahaanmu. Kelebihan serta keuntungan tersebut tentunya sangat berperan besar untuk perusahaanmu ini. Berikut kelebihan dan keuntungan yang akan kamu rasakan ketika kamu mendirikan PT. Pertama, kamu akan memiliki kewajiban yang terbatas. Tidak seperti jenis badan usaha lain yang salah satu di antara pendirinya memiliki kewajiban yang lebih berat. Kerugian yang dialami pemegang saham hanya sebesar modal yang disetorkan saja, tidak termasuk hutang-hutangnya.

Kelebihan serta keuntungan kedua, PT dapat berganti-ganti pemilik. Perseroan Terbatas dapat dialihkan kepada orang lain atau diwariskan kepada orang lain dengan mudah. Tanpa harus membubarkan perusahaan terlebih dahulu. Ketiga, memiliki kemudahan dalam akses terhadap modal. Sebagai salah satu pemilik saham, kamu dapat menawarkan saham baru pada investor atau juga kamu dapat dengan mudah meminjam uang kepada bank.

Kelebihan keempat adalah perusahaan yang kamu dirikan akan lebih terlihat profesional. Dengan mengukuhkan perusahaanmu menjadi sebuah PT akan membuktikan bahwa perusahaanmu legal dalam bidang hukum serta perusahaanmu terlihat profesional di mata klienmu. Kelebihan kelima dari mendirikan sebuah PT adalah bahwa kekayaaan pemegang saham tentunya akan terpisah dengan kekayaan yang dimiliki oleh PT sehingga ketika ada kasus tentang keuangan pribadi tidak akan mengganggu PT yang kamu sedang jalani.

Persyaratan mendirikan PT

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi ketika kamu ingin menjadikan perusahaanmu sebuah PT, yaitu syarat administratif dan syarat formal. Syarat administratif di antaranya adalah pertama, menyediakan fotokopi KTP serta NPWP pemegang saham, minimal dua orang (suami istri yang tidak memiliki perjanjian pemisahaan harta, dianggap satu orang). Kedua, menyediakan fotokopi KTP dan NPWP pengurus, minimal dua orang, yang harus terdiri dari Direktur dan Komisaris. Ketiga, siapkan perjanjian pemisahan harta (apabila ada).

Syarat formal yang perlu kamu persiapkan untuk pembuatan PT antara lain sebagai berikut, pertama, pendiri harus terdiri minimal dua orang atau lebih. Kedua, harus membuat akta pendirian yang berbahasa Indonesia, dan dibuat di depan Notaris yang berisi; nama PT, tempat serta kedudukan, maksud dan tujuan serta kegiatan usaha, struktur permodalan, susunan pemegang saham, biasanya tidak boleh WNA atau perusahaan asing, susunan pengurus yang menjabat direksi serta komisaris. Ketiga, kamu perlu memiliki akta pendirian yang telah disahkan oleh Kemenkumham RI. Keempat, perusahaanmu harus didaftarkan dalam Daftar Perseroan. Kelima, perusahaanmu harus diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Selain itu, ada kewajiban yang perlu kamu perhatikan setelah membuat sebuah PT. Kewajiban-kewajiban itu antara lain adalah memiliki Surat Keterangan Domisili Perusahaan, memiliki NPWP perusahaan, memiliki Surat Keterangan Terdaftar Pajak, memiliki SIUP (baik pekerja mikro, kecil, menengah, atau besar), memiliki TDP, serta memiliki izin khusus tergantung bidang usahannya. Persyaratan yang begitu banyak ini pun membuat para pengusaha menyewa jasa pembuatan PT beserta dengan jasa virtual office untuk menghemat waktu dan mempersingkat pekerjaannya.

Baca Juga: serviced office jakarta selatan

Hal yang perlu diperhatikan saat mendirikan PT dan virtual office

Saat berencana untuk ke tahap pembuatan PT serta demgan virtual office ketika merintis sebuah usaha, kamu harus memperhatikan berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan. Untuk melakukan hal ini memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda. Namun, kalau kamu ingin memaksimalkan penggunaan PT dengan menggunakan virtual office, kamu juga harus pandai untuk memilih jasa pembuatan virtual office yang menawarkan tempat bisnis yang strategis serta bonafide. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak mendirikan PT dan virtual office.

- Menentukan nama perusahaan

Kalau kamu bertanya seberapa sulit menentukan nama PT, jawabannya adalah cukup sulit. Kamu harus benar-benar memiliki nama PT yang unuk dan belum terdaftar di Kemenkumham. Persyaratan awal untuk mendirikan sebuah PT adalah memberikan nama yang berbeda dari nama PT yang sudah berdiri sebelum-sebelumnya. Untuk menghindari nama-nama yang sudah terdaftar, kamu bisa membuat tiga calon nama PT-mu untuk didaftarkan. Nama-nama yang kamu ajukan ini akan dicek oleh notaris atau pihak jasa pembuatan PT dan virtual office yang kamu gunakan. Kalau nama tersebut belum terdaftar, notaris akan meletakkan reservaswi untuk nama tersebut dan segera membuat akta perusahaan.

- Tentukan bidang usaha yang ingin digeluti

Bidang usaha badan perusahaan terbagi dalam dua jenis, yaitu bidang usaha umum dan khusus. Bidang usaha umum biasanya berkaitan dengan kegiatan perdagangan dan jasa umum. Sedangkan, bidang usaha khusus harus memerlukan perizinan dan instansi yang menaunginya seperti Dinas Pariwisata, Komunikasi dan Informatika, serta Pertanian. Hal yang perlu kamu tekankan ketika menentukan bidang usaha PT yang akan kamu dirikan adalah pembagian produk antara jasa umum dan khusus yang dimiliki perusahaan. Biasanya bidang usaha umum dan khusus tidak dapat digabungkan dalam anggaran dasar sebuah PT. Jika kamu ingin membuat PT dengan bidang usaha berbeda, kamu bisa membaginya dalam subsidiari khusus.

- Merencanakan rancangan struktur permodalan

Struktur modal dalam sebuah PT dibagi menjadi tiga, yaitu modal dasar, modal ditempatkan, dan modal yang disetor. Ketiga aspek itulah yang diwujudkan dalam bentuk saham. Dalam peraturan UU PT, nilai minimum modal dasar dari pendirian sebuah perusahaan adalah Rp50.000.000 dengan modal yang ditempatkan sebesar 25 persen dari jumlah 50 juta tersebut.

- Menentukan nama pemegang saham

Jumlah orang yang diperlukan sebagai pemegang saham saat mendirikan PT adalah 2 orang. Pemegang saham PT harus seorang WNI atau berbadan hukum yang sesuai dengan aturan hukum Indonesia. Pemegang saham pun hanya bertanggung jawab sesuai besarnya modal yang ia setorkan dan telah terpisah dari aset atau harta pribadi.

- Menyusun nama pengurus

Perseroan Terbatas atau PT dapat diurus oleh minimal satu direktur dan satu komisaris. Seorang direktur adalah seorang yang menjalankan operasional perusahaan dan juga mengembangkannya sesuai visi-misi yang sudah ditetapkan. Pada prakteknya di dunia perkantoran, seorang direktur diawasi langsung oleh komisaris yang memiliki wewenang menegur direksi, memberikan arahan kepada karyawan, memeriksa pembukuan, dan juga menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menentukan apakah direksi yang saat ini berjabat layak dipertahankan atau diberhentikan dari jabatannya yang sekarang. Jadi, sangat penting memahami 5 hal di atas jika ingin melakukan pembuatan PT dan virtual office untuk perusahaanmu.

Pengertian virtual office

Virtual office atau kantor virtual merupakan sebuah ruang kerja yang kantornya tidak perlu bentuk fisik, namun di sana suatu perusahaan dapat mengerjakan tugas-tugas mereka dengan baik secara virtual seperti bentuk pelayanan kantor yang bekerja secara online. Virtual office biasanya melakukan kegiatan operasional kantor dengan menggunakan teknologi komputer seperti PC, laptop, smartphone, dan membutuhkan akses internet.

Virtual office hadir sebagai bentuk efisiensi kerja yang bisa digunakan untuk menekan biaya perusahaan, seperti kita tidak perlu memiliki ruang kantor fisik yang biaya sewanya mahal tapi kita tetap bisa bekerja di mana saja tanpa perlu repot mengeluarkan biaya yang lebih mahal dari sewa kantor fisik.

Kelebihan virtual office

Sama seperti mendirikan sebuah PT, mendirikan virtual office bagi kamu yang baru saja merintis sebuah startup tentu ada kelebihannya. Kelebihan inilah yang kamu manfaatkan untuk lebih mengembangkan perusahaanmu untuk mendapatkan profit yang lebih banyak dan lebih besar. Ada beberapa kelebihan saat mendirian sebuah virtual office, di antaranya adalah kamu dapat menghemat biaya operasional yang kamu keluarkan untuk perusahaanmu. Dengan menggunakan jasa virtual office, kamu dapat menekan biaya yang harusnya dikeluarkan oleh perusahaanmu. Kamu pun tidak diharuskan untuk menyewa gedung perkantoran yang mahal sehingga uangnya bisa digunakan untuk keperluan lain. Selain itu, kamu juga dapat menghemat waktu kerjamu. Saat memutuskan untuk menggunakan virtual office, kamu juga bisa menghemat waktumu. Kamu tidak perlu repot-repot bermacet-macetan untuk pergi ke kantor. Waktu bermacet-macetan di kantor tersebut dapat kamu gunakan untuk hal-hal penting lainnya yang tentunya akan membuat perusahaanmu berjalan lebih efektif. Oleh karena itu untuk mengurus hal ini harus dilakukan pada pihak yang tepat untuk mempermudah pengurusannya.

Gapura Office solusi bagi sewa virtual office

Banyaknya keuntungan yang diperoleh ketika kamu mendirikan sebuah PT dan menyewa sebuah virtual office, membuat banyak perusahaan bertanya-tanya mana jasa pembuatan PT untuk kantornya yang cocok. Plihan itu pun cocok untuk Gapura Office. Gapura Office menyediakan layanan untuk menyewa virtual office dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan 2 juta rupiah per tahun, kamu sudah mendapatkan virtual office-mu. Selanjutnya untuk pembuatan PT, kamu tak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan juga miring dan pas untuk kantong para perusahaan yang baru merintis usaha. Selain itu, kamu juga bisa melihat layanan jasa lainnya yang ditawarkan Gapura Office untuk mempermudah hidupmu. Segera hubungi pihak marketingnya untuk info lebih lanjutnya ya!

Baca juga: serviced office jakarta selatan