• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Jasa Sewa Virtual Office

Jasa Sewa Virtual Office

Jasa Sewa Virtual Office

Jasa sewa virtual office di Indonesia, khususnya Jakarta semakin hari semakin banyak. Hal ini disebabkan karena banyak bermunculan startup baru di Indonesia dengan dana yang terbatas. Virtual office adalah sebuah kantor virtual yang memiliki ruang ruang kerja yang fleksibel, kamu pun tidak perlu menyewa kantor secara fisik, tapi kamu hanya memerlukan alamat perusahaan yang terdaftar saja. Jadi, untuk pengguna virtual office akan lebih bebas memilih tempat untuk bekerja di mana saja. Biaya yang kamu keluarkan juga tidak semahal ketika kamu harus menyewa kantor secara fisik. Oleh karena itu, pengguna jasa sewa virtual office biasanya perusahaan startup.

Sejarah virtual office

Virtual office sebenarnya bukan hal baru di dunia bisnis tapi kemunculannya masih menjadi perdebatan karena belum ada kapan pertama kalinya virtual office digunakan. Setelah ditelusuri lebih dalam, virtual office sudah muncul sejak masa Revolusi Industri, abad ke-19 tepatnya tahun 1960-an. Layanan virtual office pertama diketahui munculnya OmniOffice Group pada tahun 19632 sebagai perusahaan yang menyediakan layanan serviced office, yaitu perusahaan yang memberikan layanan sewa kantor serta dengan berbagai perlengkapan kantor, layanan resepsionisnya, layanan costumer service, tersedia ruang rapat, layanan sekretaris, dan juga perpustakaan.

Kemudian, pada tahun 1973, muncul pula Attorney Office Management yang juga memberikan layanan serviced office seperti OmniOffice Group, tapi mereka menargetkan penggunanya para advokat yang ingin segera pensiun. Para advokat tersebut masih bisa berpraktik seperti sebelumnya namun dengan pekerjaan yang lebih sedikit. Oleh karena itu, Attorney Office Management hadir dengan harga sewa lebih murah serta layanan yang seimbang untuk menjawab pertanyaan para advokat yang akan segera pensiun.

Selanjutnya, istilah virtual office muncul pada tahun 1983 yang dicetuskan oleh Jurnalis Chris Kern dalam majalah American Way. Kern mengatakan bahwa dengan munculnya komputer portabel, membuat pekerja akan lebih mudah bekerja di luar kantor. Tahun 1992, nama virtual office pertama kalinya terdaftar sebagai merk, saat Richard Niessen mendaftarkan virtual office sebagai merk terdaftar di Kantor Hak Kekayaan Intelektual Inggris.

Pada tahun 2006, Frank Cottle, CEO dari Alliance Virtual Offices, memperkenalkan cara menjual secara grosir paket pelayanan virtual office lengkap untuk pihak ketiga dan mereka bebas memilih. Konsep dan cara inilah yang akhirnya memunculkan popularitas serta perkembangan jasa sewa virtual office di seluruh dunia.

Kemunculan jasa sewa virtual office di Indonesia

Munculnya jasa sewa virtual office di Indonesia sangat berkaitan dengan masa-masa akhir Orde baru, saat itu Indonesia mendapatkan investasi yang membuat banyak permintaan ruang kantor sangat drastis. Naiknya harga sewa ruang kantor secara fisik membuat banyak perusahaan kecil yang tidak menyewakan ruang kantor untuk perusahaan mereka dan membebaskan karyawannya bekerja di mana saja.

Kondisi ini semakin parah ketika hadirnya krisis moneter di Indonesia tahun 1997. Krisis moneter ini juga sangat berpengaruh bagi para perusahaan kecil yang baru merintis karier serta gejolak di masyarakat pada sektor ekonomi. Perkembangan jasa sewa virtual office di luar negeri membuat para pelaku bisnis menjadikan alternatif. Oleh karena itu, jasa sewa virtual office di Indonesia mulai menjamur dan sangat cocok dengan perusahaan startup yang baru tumbuh di Indonesia.

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih virtual office

Virtual office yang semakin hari semakin banyak membuat kita bingung, mana virtual office yang baik? Kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini ketika harus memilih virtual office.

  • Lokasi yang bergengsi

Kebutuhan utama ketika memilih jasa virtual office, kamu harus memilih lokasi kantor yang bergengsi. Hal ini untuk meningkatkan tingkat kepercayaan klien dengan perusahaanmu dan tentunya ini akan berdampak pada berkembangnya bisnis yang sedang kamu jalankan. Semakin bergengsi lokasi kantormu, semakin tinggi kredibilitas di mata para klien.

  • Fasilitas serta layanan yang diberikan

Setiap virtual office akan menyediakan beberapa fasilitas dan layanan yang tentunya berbeda-beda. Biasanya fasilitas tersebut tergantung pada paket dan kebutuhan yang kamu pilih. Tak hanya mendapatkan ruangan premium yang bisa kamu gunakan untuk jangka waktu tertentu, kebutuhan bisnis lainnya juga menjadi layanan tambahan yang diberikan perusahaan jasa sewa virtual office.

  • Memiliki resepsionis

Seperti kantor bisnis profesional, memiliki resepsionis di kantormu adalah hal yang aklan membuat perusahaanmu terlihat berkelas. Virtual office yang memiliki layanan ini akan membantu perusahaanmu menjawab telepon serta menyambut kedatangan klien di depan pintu masuk. Bagian resepsionis terlatih untuk berbicara dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Kalau kamu memiliki klien dari luar negeri, fasilitas resepsionis sangat membantu.

  • Voicemailbox

Panggilan telepon yang tidak terjawab oleh resepsionis akan masuk dalam voicemailbox sehingga kamu tidak perlu khawatir ada panggilan yang akan terlewatkan. Ada juga beberapa jasa virtual office yang menyediakan e-voice, ketika panggilan tak terjawab pun dapat terekam dengan baik.

  • Sekretaris pribadi

Penggunaan teknologi memang semakin canggih serta dapat membantumu menyelesaikan tugas. Lewat smartphone kamu juga dapat mengatur urusan pencatatan. Adanya sistem pengingat serta manajemen yang terintegrasi dapat memudahkan pekerjaanmu. Namun, memiliki sekretaris pribadi pun dibutuhkan, sebagai bentuk profesional. Ada beberapa virtual office yang menyediakan jasa sekretaris pribadi. Sekretaris yang sudah terlatih akan memudahkanmu melakukan pelayanan kantor, mengatur janji dengan klien, serta mencatat pesan yang masuk.

  • Ruang pertemuan

Hampir setiap virtual office akan menyediakan ruang pertemuan untuk kebutuhan bisnismu. Ukuran dan kapasitas ruangan juga tergantung pada paket yang kamu pilih. Kalau kamu membutuhkan ruangan yang di luar paket, kamu bisa langsung menghubungi pihak virtual office yang kamu gunakan.

  • Harga yang ditawarkan harus terjangkau

Last but not least, hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa sewa virtual office adalah harga yang ditawarkan. Biasanya virtual office ditawarkan dalam jangka waktu bulanan. Rentang harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, mengikuti seberapa strategis lokasi dan fasilitas layanan yang diberikan. Karena berbentuk virtual, biasanya virtual office memiliki biaya yang tidak terlalu mahal. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mencari virtual office dengan fasilitas yang mumpuni namun memberikan harga yang cukup terjangkau. Apalagi jika kamu baru terjun di dunia bisnis yang belum memiliki modal yang terlalu banyak.

Baca Juga: Pembuatan PT dan Virtual Office

Gapura Office sebagai solusi jasa sewa virtual office

Salah satu layanan jasa sewa virtual office yang ada di Jakarta dan Tangerang adalah Gapura Office. Gapura Office menyedikan berbagai layanan virtual office dengan harga yang sangat terjangkau, fleksibel, dan posisi kantor yang sangat strategis. Fasilitas yang biasanya ditawarkan juga lengkap sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi. Hanya dengan harga minimal Rp 2 juta per tahun, kamu sudah bisa mendapatkan layanan sewa virtual office untuk perusahaanmu yang baru dirintis. Layanan ini pun tersedia dalam 6 hari kerja, jadi kamu tidak perlu repot mengurusnya saat jam kerja. Tentunya, Gapura Office sudah mendapatkan izin dari PTSP Jakarta untuk tempat yang bisa mendaftarkan izin domisili usaha. Aman banget kan? Yuk, segera pesan jasa sewa virtual office lewat Gapura Office!