• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Jasa Pengurusan NIB

Jasa Pengurusan NIB

Jasa Pengurusan NIB

Jasa Pengurusan NIB sangat dibutuhkan untuk para pelaku usaha baru yang membutuhkan NIB atau Nomor Induk Berusaha. Pemerintah pun selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, salah satunya adalah di bidang usaha dengan memberi kemudahan untuk pengurusan izin usaha. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan usaha di Indonesia, membuat banyak masyarakat yang menjadi pelaku usaha atau investor, serta untuk meningkatkan perekonomian Indonesia agar semakin baik lagi.

Pemerintah pun mengeluarkan Perpres Nomor 91 Tahun 2017 mengenai Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Setiap pengusaha akan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) yang akan berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), sebagai Angka Pengenal Importir (API), serta akses kepabeanan. Selain fungsi di atas, NIB juga memiliki fungsi untuk mengurus perizinan usaha tanpa perlu repot membawa berkas-berkas seperti sebelumnya. Sistem ini diajukan karena banyak pengusaha yang mengurus izin merasa sangat repot, melewati banyak hal, dan memakan waktu yang sangat banyak. Namun, dengan adanya NIB ini, sistem pendaftaran atau permohonan izin usaha akan terasa lebih sederhana. Membuat NIB juga bisa dilakukan secara online dengan cara Sistem Online Single Submission (OSS).

4 Kategori Perizinan Berusaha/Investasi

Ada beberapa perizinan berusaha atau investasi di Indonesia yang membutuhkan NIB. Berikut 4 kategori yang dimaksud.

  1. Pendaftaran perusahaan dan perizinian dasar

Pendaftaran serta perizinan dasar yang dimaksud adalah kegiatan pendaftara berusaha atau investasi untuk mendapatkan NIB serta Perizinan Dasar berupa tanda pendaftaran BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan, serta pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) untuk perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja WNA.

  1. Perizinan Lingkungan serta Standar Bangunan

Perizinian ini merupakan perizinan yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha sesuai dengan peraturan tata ruang dan lingkungan hidup suatu daerah di mana perusahaan tersebut mendirikan bangunan. Tentunya hal ini juga disesuaikan dengan standar bangunan yang telah ditentukan serta lolos kelayakan fungsi bangunan dari SLF (Sertifikat Layak Fungsi).

  1. Perizinan Kegiatan Usaha atau Investor

Perizinan ini berhubungan dengan kegiatan utama suatu usaha (dalam hal memproduksi), seperti; Izin Usaha Industri, Izin Usaha Perdagangan, Izin Usaha Jasa Pariwisata, Izin Usaha Jasa Konstruksi, dsb.

  1. Perizinan Komersial

Perizinan usaha ini sangat penting dalam rangka memasarkan sebuah produk, mendistribusikan produk yang telah dibuat, mengekspor barang atau jasa yang sudah dibuat, serta mengimpor beberapa bahan baku atau komponen, atau barang jadi.

Manfaat memiliki NIB

Melihat pentingnya NIB dalam berusaha, kamu pun pasti ingin segera mengurusnya dengan baik ya. Ketika kamu mengurus pembuatan NIB, kamu tentu memiliki banyak manfaat saat kamu telah memiliki NIB. Berikut manfaat-manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu telah memiliki NIB dalam berusaha.

  1. Ketika kamu sudah memiliki NIB, kamu tidak perlu ribet-ribet lagi untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua surat itu sudah tidak terlalu diperlukan lagi karena sudah digantikan oleh NIB sehingga berkas yang kamu miliki pun jadi lebih ringkas.
  2. NIB juga dapat digunakan sebagai Angka Pengenal Impor (API) dan sebagai akses kepabeanan yang akan dibutuhkan pengusaha untuk kegiatan ekspor impor. Hal ini pun akan memudahkanmu ketika kamu harus mengimpor hasil produksimu.
  3. Saat kamu sedang mendaftarkan perusahaanmu untuk mendapatkan NIB, kamu pun akan mendapatkan dokumen lainnya seperti NPWP perusahaan atau perorangan, surat pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), surat izin usaha, pemberitahuan kelayakan modal untuk mendapatkan fasilitas fiskal, serta bukti pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang merupakan syarat wajib perusahaan. Nah, tentunya NIB ini akan menjamin usahamu lebih aman, nyaman, dan legal.

Baca Juga: Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Prosedur untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB)

Ada beberapa prosedur untuk mendapatkan NIB ini, dan sebenarnya NIB ini pun bisa diurus sendiri oleh para pelaku usaha atau investor. Berikut prosedur yang harus kamu lewati untuk mendapatkan NIB ini.

  • Para pelaku usaha atau investor biasanya mencari tahu pendirian badan usaha yang ingin mereka dirikan seperti Perseroan Terbatas (PT), CV, Firma, Yayasan, atau Koperasi. Setelah memutuskan badan usaha yang ingin didirikan, mereka pun membuat Akta pendirian perusahaan lewat Notaris untuk mendapatkan NPWP.
  • Ketika sudah mendapatkan Akta Pendirian perusahaan, Notaris pun bisa langsung melakukan registrasi melalui Sistem Online Single Submission (OSS) lewat website resmi oss.go.id menggunakan NIK atau paspor untuk mendapatkan sebuah user id.
  • Setelah berhasil melakukan pendaftaran online lewat OSS, kamu perlu login ke sistem OSS. Di sana, para pelaku usaha atau investor bisa memilih nomor akta dan melengkapi data berusaha untuk memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Perizinan Dasar.
  • Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan NIB dan Perizinan dasar adalah sebagai berikut; 1. Data Badan Usaha/Perusahaan (sebagian sudah tersedia di Sistem AHU Online), 2. Data Pemegang Saham (sebagian data juga sudah tersedia di Sistem AHU Online), 3. Data Nilai Investasi. 4. Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), jika memang perusahaan membutuhkan tenaga kerja asing, 5. Data BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.
  • Para pelaku usaha atau investor pun akan otomatis mendapatkan notifikasi intensif fiskal jika kegiatan usaha mereka masuk kriteria yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dengan sudah memiliki dokumen NIB, Perizinan Dasar, serta Notifikasi Perizinan dan Fasilitas, maka pelaku usaha atau investor sudah dapat melakukan kegiatan usaha, mulai dari membangun gedung perusahaan (jika diperlukan), memproduksi barang atau jasa, serta kegiatan komersial untuk memenuhi semua komitmen yang sudah disebutkan dalam Notifikasi Perizinan dan Fasilitas tersebut.
Pentingnya memilih Jasa Pengurusan NIB yang tepat

Untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), kamu bisa mengikuti prosedur di atas dengan baik dan benar. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu atau kesulitan melakukannya, kamu bisa menggunakan jasa pengurusan NIB. Penggunaan jasa pengurusan NIB tentunya akan lebih memudahkanmu mendapatkan NIB tanpa perlu banyak waktu yang terbuang. Pemilihan jasa pengurusan NIB yang tepat merupakan hal yang krusial karena ini menyangkut izin usaha perusahaanmu. Kalau kamu salah pilih, bisa-bisa izin usahamu terhalang karena kelalaianmu memilih jasa pengurusan yang salah.

Salah satu jasa pengurusan NIB di Jakarta yang sudah memiliki nama adalah Gapura Office. Gapura Office memiliki banyak tenaga profesional yang paham hukum sehingga kamu tidak perlu khawatir jika NIB perusahaanmu diurus oleh mereka. Pengurusan NIB serta surat perizinan lainnya akan lebih mudah jika kamu menggunakan Gapura Office. Bukan hanya mengurus NIB, Gapura Office juga mengurus pembuatan CV dan PT. Untuk harga yang ditawarkan, kamu tidak perlu khawatir karena Gapura Office menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk para pelaku usaha baru yang masih terhalang dengan modal. Para pelaku usaha tersebut hanya perlu memilih paket yang diinginkan dan akan segera mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Segera hubungi pihak marketing Gapura Office untuk info lebih lanjut!