• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Jasa Pembuatan CV

Jasa Pembuatan CV

Jasa Pembuatan CVSaat kamu memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru, pasti kamu perlu membentuk badan usaha, termasuk CV lewa jasa pembuatan CV. CV sendiri merupakan singkatan dari Commanditaire Vennootschap (bahasa Belanda) atau Persekutuan Komanditer, yang merupakan sebuah jenis perusahaan yang tidak berbadan hukum, didirkan oleh satu atau beberapa orang dengan saling tanggung-menanggung, bertanggung jawab secara keseluruhan dan memiliki rasa solider. Salah satu pendiri CV adalah pelepas modal. Daat dikatakan bahwa CV merupakan firma yang ditambahkan oleh sekutu komanditer.

Pengertian CV

Sekutu komanditer merupakan sekutu pasif yang biasanya tidak langsung mengurus persekutuan. Mereka hanya berperan sebagai pihak pemberi modal yang bertanggung jawab terhadap utang persekutuan mereka sebanyak modal yang diberikan. Prosedur pendirian sebuah CV mirip seperti firma dan telah diatur dalam Pasal 19-35 KUHD. Perbedaan pengaturan antara bentuk usaha CV dan firma dapat dilihat lewat Pasal 19, 20, 21 KUHD. Oleh karena itu, pembuatan CV perusahaan sangat memerlukan jasa pembuatan CV perusahaan agar para pendiri perusahaan baru terjun ke dunia bisnis tidak kewalahan mengurusnya.

Jasa Pembuatan CV Perusahaan dan beberapa bentuk CV

Sebelum membuat sebuah CV perusahaan, kamu pasti belum paham seluk beluk CV perusahaan. Kamu perlu mengetahui nih bahwa CV perusahaan itu terbagi dalam tiga bentuk, yaitu CV Diam-Diam, CV Terang-terangan, dan CV dengan saham.

  1. CV Diam-diam (Stille Commanditaire Vennootschap)

Dari nama yang tertulis, kita dapat melihat bahwa CV ini tidak ingin diketahui oleh banyak pihak sebagai sebuah persekutuan komanditer. CV ini juga tidak ingin menampilkan ke pihak luar dan membuat mereka seolah-olah seperti firma biasa. Ada alasan mengapa CV ini dikatakan sebagai CV diam-diam. Hal ini terjadi karena ada beberapa orang anggota yang mendirikan CV ini ternyata sudah menjadi anggota sekutu komanditer lainnya. Makanya, mereka tidak ingin menunjukkan jati diri mereka.

  1. CV Terang-terangan (Openbare Commanditaire Vennootschap)

Sama seperti penjelasan CV perusahaan sebelumnya, CV terang-terangan ini jelas ingin  mempublikasikan dirinya ke masyarakat sebagai sebuah persekutuan komanditer. Para pendiri CV perusahaan ini biasanya akan secara terang-terangan menuliskan akronim “CV” dalam papan nama kantor, di kop surat, serta di akta pendirian CV sehingga banyak pihak yang mengetahui bahwa badan usaha ini adalah sebuah CV.

  1. CV dengan Saham

Sebelum menjadi sebuah PT, biasanya CV akan mendapatkan modal dari penerbitan saham, oleh sebab itulah CV dengan saham itu didirikan. Sekutu komanditer biasanya merupakan pihak yang dapat membeli saham dan saham ini pula dapat dialihkan atau diwariskan ke ahli waris. CV dengan saham tidak memiliki aturan yang tertulis dalam KUHD. Biasanya, CV perusahaan jenis ini hanya sebagai batu loncatan saja dari CV yang ingin bertransformasi menjadi PT.

Baca Juga: Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Kelebihan dan kekurangan CV

Perlu diketahui bahwa terdapat kelebihan serta kekurangan dalam suatu hal, termasuk dalam mendirikan CV perusahaan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari mendirikan CV.

Kelebihan

  • Memiliki modal yang dikumpulkan akan lebih besar karena akan ada pemasukan modal dari sekutu komanditer.
  • CV biasanya cenderung lebih mudah untuk mendapatkan kredit bank karena badan usaha ini lebih dipercaya oleh pihak perbankan.
  • Melalui segi manajemen serta kepemimpinan dari CV relatif lebih baik karena pihak pengurus diisi oleh sekutu komplementer yang sudah memiliki keahlian tertentu.
  • Jika suatu saat perusahaan mengalami kerugian, maka tanggung jawab dari sekutu komanditer hanya dari modal yang diserahkannya.

Kekurangan

  • Para sekutu komplementer memiliki tanggung jawab yang tidak ada batasnya.
  • Jika perusahaan berutang atau merugi, harta kekayaan pribadi para sekutu komplementer bisa saja disita.
  • Kelangsungan hidup dari perusahaan bisa tidak menentu karena akan sangat bergantung pada sekutu komplementer yang menjadi pengurusnya.
  • Tanggung jawab pihak sekutu komanditer yang terbatas inilah yang membuat para sekutu komanditer bersemangat untuk memajukan perusahaan.
  • Sulit mencairkan investasi karena sudadigunakan uangnya sebagai modal usaha.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan sebelum mendirikan sebuah CV lewat jasa pembuatan CV, jadi apakah perusahaan ingin menjadi sebuah CV?