• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • jasa sewa virtual office
Virtual Office

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Kamu yang baru akan mendirikan perusahan baru, tentunya kamu perlu membentuk CV Perusahaan lewat jasa pembuatan CV Perusahaan. Menurut dictio.id, CV merupakan singkatan dari Comanditer Vennotscap atau Persekutuan Komanditer, yang merupakan suatu perusahaan bukan badan hukum yang didirkan oleh satu atau beberapa orang saling tanggung-menanggung, bertanggung jawab secara keseluruhan atau solider, dengan salah satu dari pendirinya adalah pelepas modal. Bisa dikatakan bahwa CV merupakan firma yang ditambah sekutu komanditer.

Sekutu komanditer merupakan sekutu pasif yang biasanya tidak langsung mengurus persekutuan. Hanya berperan sebagai pemberi modal dan bertanggung jawab terhadap utang persekutuan sebanyak modal yang diberikan. Prosedur pendirian CV sama seperti firma yang telah diatur dalam Pasal 19-35 KUHD dan perbedaan pengaturan antara CV dan firma terlihat lewat Pasal 19, 20, 21 KUHD. Oleh karena itu pembuatan CV perusahaan sangat memerlukan jasa pembuatan CV perusahaan agar sang pendiri perusahaan baru tidak kewalahan mengurusnya.

Jasa Pembuatan CV Perusahaan dan beberapa bentuk CV

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Melalui jasa pembuatan CV perusahaan, kamu yang baru terjun di dunia bisnis tidak akan kerepotan karena ternyata CV perusahaan terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu CV Diam-Diam, CV Terang-terangan, dan CV dengan saham.

  1. CV Diam-diam (Stille Commanditaire Vennootschap)

Dari namanya kita bisa melihat bahwa CV ini tidak ingin diketahui oleh banyak orang sebagai persekutuan komanditer. CV ini pun tidak menampilkan ke pihak luar dan membuat mereka terlihat seperti firma biasa. Biasanya beberapa orang yang mendirikan CV Diam-diam karena salah seorang dari mereka sudah menjadi anggota sekutu komanditer lain.

  1. CV Terang-terangan (Openbare Commanditaire Vennootschap)

Sama seperti CV sebelumnya, CV terang-terangan jelas mempublikasikan dirinya ke masyarakat sebagai persekutuan komanditer. Biasanya mereka akan dengan gamblang mencantumkan “CV” dalam papan nama kantor, di kop surat, serta di akta pendirian CV.

  1. CV dengan Saham

Sebelum menjadi PT, biasanya CV mendapatkan modal dari penerbitan saham, oleh karena itu CV dengan saham itu didirikan. Sekutu komanditer biasanya adalah pihak yang membeli saham dan saham ini bisa dialihkan atau diwariskan ke ahli waris. CV dengan saham tidak ada aturan yang tertulis dalam KUHD. Mereka hanya seperti batu loncatan saja dari CV yang ingin bertransformasi menjadi PT.

Prosedur untuk mendirikan CV Perusahaan

Setelah mengetahui beberapa bentuk CV, kamu perlu tahu nih ada beberapa prosedur yang harus kamu lalui saat ingin mendirikan CV perusahaan. Prosedurnya di antara lain, mempersiapkan data CV perusahaan, mengurus domisili, memesan nama CV dan membuat akta pendirian di depan notaris.

Mempersiapkan data CV

Hal yang pertama untuk mendirikan sebuah CV adalah kamu perlu mempersiapkan data CV yang diperlukan.Kamu harus mempersiapkan data seperti Nama CV, kedudukan CV, siapa di antara rekanmu yang akan menjadi sekutu aktif dan siapa yang bertindak sebagai sekutu pasif, serta tujuan yang rinci mengapa mendirikan CV tersebut. Maksud dan tujuan CV akan mengatur tujuan CV tersebut didirikan. Data ini harus diisi pula dengan bidang usaha CV perusahaan yang bersangkutan. Buatlah tujuan yang selaras dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) agar proses-proses selanjutnya menjadi lebih mudah. Jadi, kamu hanya perlu melihat data KBLI Pemerintah Daerah tempatmu untuk membuat usahamu selaras dengan aturan daerah.

Mengurus Domisili

Domisili perusahaan yang kamu dirikan tentu sangat diperlukan dan bisa dikeluarkan lewat surat keterangan oleh otoritas setempat, yakni kelurahan. Kamu dapat meminta Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) pada kelurahan tempat perusahaanmu berdomisili. Namun, sejak 2018, di DKI Jakarta sudah tidak memerlukan SKDP lagi. Perusahaanmu hanya perlu mengisi surat keterangan kegiatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah perusahaan harus melakukan kegiatan usaha sesuai zonasi yang sudah ditetapkan Pemerintah DKI Jakarta. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu sudah mengurus SKDP agar tidak perlu repot-repot lagi jika memang diperlukan. Oleh karena itu, kamu pun memerlukan jasa pembuatan CV perusahaan agar kamu bisa mendapatkan domisili perusahaan yang lebih bonafide.

Baca Juga: Jasa Pengurusan NIB di Jakarta

Pesan nama CV dan Buat Akta Pendirian di Depan Notaris

Setelah mengurus semua data yang diperlukan untuk pembuatan CV, kamu dapat segera ke notaris untuk membuat Akta Pendirian CV. Sebelum membuat akta pendirian, kamu harus memesan nama CV-mu terlebih dahulu lewat Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU) milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kalau nama CV-mu sudah dipesan, kamu bisa melanjutkan untuk pembuatan akta pendirian CV. Dokumen yang diperlukan dalam proses ini adalah fotokopi Kartu Keluarga Pendiri CV, fotokopi Penanggung jawab/direktur CV, NPWP pengurus, SKDP, fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pas foto penanggung jawab CV. Notaris yang kamu utus akan melakukan registrasi CV lewat SABU Kemenkumham. Kemudian, Kemenkumham akan memberikan sertifikat secara daring untuk mengonfirmasi pendaftaran CV-mu.

 Pengambilan NPWP Perusahaan

Setelah melakukan pembuatan CV yang telah ditandatangani oleh notaris dan telah mendaftarkan NPWP perusahaan didaftarkan. Kartu NPWP dan SKT pun segera dikeluarkan oleh KPP dengan persyaratan dokumen yang sudah diminta dan harus dilengkapi sebelumnya. KPP juga akan melakukan pengecekan apakah data penanggung jawab di NPWP Perusahaan sudah cocok, dan tidak memiliki tunggakan pajak.

Melakukan pendaftaran NIB

Nomor Induk Berusaha atau biasa yang disingkat dengan NIB merupakan nomor pengenal bagi para pelaku usaha. NIB dapat menggantikan TDP dan API, Akses Kepabeanan serta RPTKA kalau dibutuhkan oleh pelaku usaha. Pendaftaran NIB bisa dilakukan lewat sistem OSS (Online Single Submission). Pengajuan API memang tidak wajib dan biasanya diajukan jika sedang dibutuhkan. Bila tak langsung didaftarkan, API masih bisa didaftarkan setelah NIB sudah terbit. Jadi, NIB sangat diperlukan.

Membuat Pengajuan Izin Usaha dan Izin Komersial

Sama seperti NIB, Izin Usaha akan diterbitkan setelah NIB sudah keluar. Izin Usaha menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang dapat menjadi persyaratan wajib untuk perusahaan. Izin Usaha harus diajukan lebih awal sebelum Izin Komersial. Izin Komersial sendiri berguna untuk pelaku usaha atau badan usaha yang bidang usahanya membutuhkan izin khusus. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang kuliner atau obat-obatan.

Prosedur yang banyak dan berliku yang harus dilalui oleh CV baru mungkin akan membuatmu repot. Makanya, menggunakan jasa pembuatan CV perusahaan sangat diperlukan untuk mempermudah proses yang begitu berliku. Salah satu jasa pembuatan CV perusahaan yang bisa kamu pilih adalah Gapura Office. Kamu bisa mengurus segala macam pengurusan CV atau PT jika kamu berniat untuk membuka perusahaan baru. Tentunya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dan proses yang diberikan juga cepat dan anti repot. Yuk, coba jasa pembuatan CV perusahaan lewat Gapura Office!