• serviced office jakarta selatan
  • Sewa Virtual Office Jakarta selatan
  • Shared office di jakarta selatan
Virtual Office

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Jasa Pembuatan CV Perusahaan

Mendirikan sebuah perusahaan harus membentuk sebuah badan usaha salah satunya CV, makanya jasa pembuatan CV perusahaan menjadi pilihan yang tepat. Persekutuan Komanditer atau CV merupakan salah satu badan usaha yang tak memiliki batas modal minimal dan badan usaha ini tidak memiliki badan hukum. Proses pembuatan CV perusahaan itu terbilang tidak terlalu lama dan mudah daripada pendirian sebuah PT, prosesnya ini akan berjalan dengan lancar jika kamu dapat memahami persyaratan atau prosedur yang diperlukan.

Tujuan pendirian CV

Tentunya, setiap hal termasuk CV memiliki tujuan ketika didirikan. Salah satu alasan mendirikan sebuah CV adalah supaya dapat melakukan kegiatan usaha sama seperti perseroan lain. Sifat khusus maupun umum ini sesuai dengan keinginan para persero yang bersangkutan. Namun, ada beberapa usaha yang dapat dijalankan dengan kewajiban yang berbadan humum PT. Pendirian sebuah CV juga bertujuan sebagai badan usaha sendiri, seperti “pengadaan barang”, membutuhkan sarana yang dapat dikerjakan secara bersama-sama. Selain itu, ada sebuah pesan bila akan menjalin kerjasama bersama dengan suatu instansi perlu untuk membentuk suatu badan usaha. Misalnya, pada pengadaan suatu barang, ada di kantor atau pun instansi pemerintah dengan harga senilai Rp500 juta, oleh karena itu harus mendirikan CV dan PT dengan skala kecil. Sangat penting untuk menggunakan jasa pembuatan CV perusahaan untuk mempermudah pembuatan CV.

Ciri-ciri sebuah CV

Ada beberapa ciri-ciri mengapa sebuah perusahaan disebut sebagai CV, di bawah ini ada beberapa ciri yang harus kamu ketahui. Pertama, di dalam CV ada keanggotaan yang terdiri dari dua macam, anggota pasif dan anggota aktif. Kedua, sekutu yang aktif merupakan anggota aktif yang secara aktif mengelola perusahaanmu. Ketiga, sekutu yang pasif biasanya hanya sebagai anggota yang menanamkan modal dan tidak perlu turun tangan mengelola perusahaan. Keempat, tanggung jawab yang ditanggung oleh sekutu aktif ini tidak terbatas, sedangkan tanggung jawab seorang sekutu pasif hanya berdasarkan modal yang ia tanamkan saja.

Kelebihan dan kekurangan CV

Ada kelebihan serta kekurangan ketika kamu berencana untuk mendirikan sebuah CV perusahaan. Berikut ada sejumlah kelebihan yang dapat kamu peroleh ketika kamu mendirikan sebuah CV. Kelebihan pertama yang kamu rasakan adalah kemampuan manajemennya lebih besar. Kedua, kadang memilih bentuk usaha CV akan lebih mudah dalam mendapatkan modal karena banyak perbankan yang lebih mempercayai. Ketiga, CV juga terkadang memiliki kemudahan untuk mendapatkan suntikan modal, karena jenis badan usaha CV ini sudah populer di Indonesia. Keempat, pengembangan dan pengelolaan CV lebih baik dan lebih mudah, karena kedudukan manajemen dipegang oleh orang yang ahli dan telah dipercaya oleh sekutu lain. Kelima, risiko yang kamu temui ketika memiliki CV akan bisa ditanggung bersama-sama.

Namun, ada beberapa pula kekurangan yang perlu kamu ketahui ketika kamu mendirikan sebuah CV perusahaan, di antaranya sebagai berikut. Pertama, anggota aktif CV perusahaan memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas karena CV berdiri tidak atas dasar badan hukum. Kedua, tidak ada jelasnya kelangsungan hidup perusahaan yang mendirikan sebuah CV. Ketiga, modal yang sedang atau telah ditanam akan sulit untuk ditarik kembali. Keempat, kamu akan lebih mudah mengalami konflik antara sekutu pengusaha.

Baca Juga: Shared office di jakarta selatan

Beberapa prosedur pembuatan CV

Ketika kamu berencana mendirikan sebuah CV perusahaan, ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk membuat CV. Prosedur ini merupakan syarat dari pendirian sebuah CV yang kamu harus penuhi. Dokumen-dokumen yang kamu perlukan adalah sebagai berikut; sediakan Akta Pendirian/Pembuatan CV, memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan, memiliki Tanda Daftar Perusahaan, memiliki Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), serta memiliki Pengesahan Pengadilan.

Biaya pembuatan CV di Notaris

Ketika kamu belum pernah atau belum memiliki pengalaman mengurus pendirian suatu badan usaha seperti CV atau pun PT, proses mengurus CV terlihat cukup rumit. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kamu perlu membuat akta pendirian, mendaftarkan akta tersebut ke Pengadilan Negeri setempat, mengurus izin usaha perusahaanmu, mengurus NPWP perusahaan, memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP), serta mengumumkan peresmian berdirinya CV dalam Berita Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, akan lebih mudah dan praktis jika kamu meminta bantuan jasa pembuatan CV perusahaan atau notaris yang sudah berpengalaman untuk mengurus pembuatan CV itu. Biasanya biaya pembuatan CV di notaris bisa dimulai dengan harga Rp 5 juta sampai dengan Rp 9 juta dan waktu pengurusan yang lumayan lama sekitar 4 minggu.

Manfaat mendirikan sebuah CV

Selain kelebihan dan kekurangan, ada juga manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu memiliki badan usaha CV untuk bisnismu. Manfaat yang akan kamu peroleh di antaranya sebagai berikut.

  • Sebagai sarana perlindungan hukum

Ketika kamu memiliki CV perusahaan, artinya perusahaanmu memiliki izin usaha yang jelas. Apabila bisnismu sudah memiliki izin usaha jelas, kamu pun tidak perlu khawatir kalau suatu saat terjadi pengecekan dari pusat atau pihak yang terkait.

  • Sebagai sarana meningkatkan kepercayaan pelanggan

Memiliki CV juga bisa membantu perusahaanmu untuk meningkatkan kepercayaan pelangganmu. Pasalnya, pelanggan atau klien akan menganggap bisnis yang sudah berbadan usaha sebagai perusahaan yang dapat terpercaya.

  • Dapat mempermudah transaksi

Apabila perusahaanmu ingin mengikuti tender, dengan memiliki badan usaha akan memudahkan perusahaanmu untuk mendapatkan tender tersebut. Sebuah project, apalagi project yang berhubungan dengan pemerintahan, tentunya akan sangat selektif dalam memilih perusahaan yang akan diajak kerjasama. Mereka pun akan mencari perusahaan yang benar-benar legal serta memiliki izin usaha resmi. Jika kamu memiliki perusahaan yang berbadan hukum, kamu akan lebih kesulitan untuk mendapatkan project-project besar.

  • Dapat membantu mengembangkan bisnismu

Bukan hanya memudahkan transaksi, memiliki perusahaan dengan berbadan usaha resmi akan membantu bisnismu semakin berkembang. Pasalnya, ketika kamu sudah memiliki badan usaha, kamu akan lebih mudah mencari modal tambahan kepada investor karena kelegalan perusahaanmu adalah salah satu pertimbangan yang akan diperhatikan oleh para investor yang ingin menanam modal pada perusahaanmu.  

Jasa pembuatan CV perusahaan salah satunya adalah Gapura Office

Melihat penjelasan di atas, adanya kelebihan, kekurangan, manfaat serta langkah pengurusan CV perusahaan, membuat berpikir agak sulit sepertinya untuk membuat CV perusahaan. Namun, dengan mencari tahu jasa pembuatan CV perusahaan yang tepat, kamu akan menghemat biaya juga menghemat waktu pembuatan CV perusahaan. Salah satu jasa pembuatan CV perusahaan yang bisa menjadi pilihanmu adalah Gapura Office. Dengan harga yang cukup terjangkau bagi kamu yang baru merintis usaha, membuat Gapura Office menjadi opsi yang tepat. Selain pembuatan CV perusahaan, Gapura Office juga memberikan jasa pelayanan lain yang berkaitan dengan perkantoran dengan harga yang terjangkau. Untuk harga yang ditawarkan, kamu bisa segera menghubungi pihak marketing Gapura Office ya!

Jasa Pembuatan CV Perusahaan